z
 

 

   load14

                        

        Peranan, manfaat dan fungsi Hutan Mangrove dalam kehidupan masyarakat yang hidup di daerah pesisir sangat banyak sekali. Baik itu langsung di rasakan oleh penduduk sekitar maupun peranan, manfaat dan fungsi yang tidak langsung dari hutan mangrove itu sendiri. tumbuhan yang hidup di hutan mangrove bersifat unik karena merupakan gabungan dari ciri-ciri tumbuhan yang hidupdi arat dan di laut. Umumnya mangrove mempunyai perakaran yang menonjol yang disebut akar nafas (pneumatofor). sistem perakaran ini merupakan suatu cara adaptasi terhadap keadaan tanah yang miskin oksigen atau bahkananaerob. mangrove tersebar di seluruh lautan tropik dan subtropik, tumbuh hanya pada pantai yang terlindung dari gerakan gelombang, bila keadaan pantai sebaliknya, benih tidak mampu tumbuh dengan sempurna dan menancapkan akarnya.

                                load2

                                load1

Menurut kamus Weber, habitat didefinisikan sebagai "the natural abode of a plant or animal, esp. the particular lokation where, it normally grows or lives, as the seacoast, desert,etc". terjemahan bebasnyakira-kira adalah tempat bermukim di alam bagi tumbuhan terutama untuk bisa hidupdan tumbuh secara biasa dan normal, seperti pantai laut. padang pasir dan sebagainya. salah satu tempat tinggal komunitas hewan dan tanaman adalah daerah pantai sebagai habitat mangrove. di habitat inibermukim pula hewan dan tanaman lain. tidak semua habitat sama kondisinya, tergantung pada ke aneka ragaman species dan daya dukung lingkungan hidupnya.

                                load4

                                load6

                                load7

 

       Telah banyak di ketahui bahwa pulau, sebagai salah satu habitat komunitas mangrove, bersifat dinamis, artinya dapat berkembang meluas ataupun berubah mengecil bersamaan dengan berjalanya waktu, bentuk dan luas pulau bisa berubah karena aktivitas proses vulkanik atau karena pergeseran lapisan dasar laut. tetapi sedikit orang yang ngetahui bahwa mangrove berperan besar dalam dinamika perubahan pulau. bahkan cukup mengagetkan bahwa ada yang menyatakan bahwa mangrove itu dapat membentuk sesuatu pulau. beberapa pendapat bahwa sebenarnya mangrove dalam menangkap, menyimpan, mempertahankan dan mengumulkan benda dan partikel endapan dengan sruktur akarnya yang lebat, sehingga lebih suka menyebutkan peran mangrove sebagai "shoreline stabilizer"dari pada sebagai "island initiator" atau sebagai pembentuk pulau. dalam proses ini yang terjadi adalah tanah di sekitar pohon mangrove tersebut menjadi lebih stabil dengan adanya mangrove tersebut.

                                load11

                                load3

                               load9

 

       peran mangrove sebagai barisan penjaga adalah melindungi sono perbatasan darat laut di sepanjang garis pantai dan menunjang kehidupan organisme lainya di daerah yang di lindungi tersebut. Hampir semua pulau di daerah tropis memiliki pohon mangrove. Bbila buah mangrove jatuh dari pohonya kemudian terbawa air sampai menemukan tanah di lokasi lain tempat menetap bua tersebut akan tumbuh menjadi pohon baru. Di tempat ini, pohon mangrove akan tumbuh danmengembangkan sistem perakaranya yang rapat dan kompleks. Di tempat tersebut bahan organi dan partikel endapan yang terbawa air akan trperangkap menyangkut pada akar mangrove. Proses ini akan berlangsung dari waktu dan terjadi proses penstabilan tanah dan lumpur atau barisan pasir (sand bar). melalui perjalanan waktu, semakin lama akan semakin bertambah jumlah pohon mangrove yang datang dan tumbuh di lokasi tanah ini, menguasai dan mempertahankan daerah habitat, baru ini dari hempasan obak laut yang akan menyapu lumpur dan pasir. Bila proses ini berjalan terus, hasil akhirnya adalah terbentuknya suatu pulau kecil yang nantinya akan terus berkembang dan dengan pertumbuhan berbagai jenis mangrove serta organisme lain dalam suatu ekosistem mangrove. dalam proses demikian ialah mangrove di katakan sebagai bisa membentuk pulau sebagai. sebagai barisan pertahanan pantai, mangrove menjadi bagian terbesar perisai terhadap hantaman gelombang laut di zona terluar daratan pulau. hutan mangrove juga melindungi bagian dalam puu secara efektif dari pengaruh gelombang dan badai yang terjadi. mangrove merupakan pelindung dan ekaligus sumber nutrien bagi organisme yang hidup di tengahnya. Daun mangrove yang jatuh akan terurai oleh bakteri tanah menghasilkan makanan bagi plangton dan merupakan utrien bagi pertumbuhan algae laut. plankton dan algae yang berkembang akan menjadi makanan bagi berbagai jenis organisme darat dan air di habitat yang bersangkutan. demikianlah suatu ekosistem mangrove dapat terbentuk dan berkembang dari biji mangrove.

                              load12

                             load13

                              

       sangat kompleks, tanggguh dengan gelombang dan angin serta mencega erosi pantai. Pada saat cuaca tenang akar mangrove mengumpulkan bahan yang terbawa air dan partikel endapan, memperlambat aliran arus air. Apabila mangrove di tebang atau di ambil dari habitatnya di pantai maka akan dapat mengakibatkan hilangya perlindungan terhadap erosi pantai oleh gelombang air laut dan menebarkan partikel endapan sehngga air laut menjadi keruh yang kemudian menyebabkan pula melambatnya prtumbuhan padang lamun (seagrass).

      Ekosistem hutan mangrove memberikan banyak manfaat baik secara tidak langsung (non economic value) maupun secara langsung kepada kehidupan manusia (economic values). Beberapa manfaat mangrove antara lain adalah:

  • Menumbuhkan pulau dan ,mensetabilkan pantai

salah satu peran dan manfaat ekosistem mangrove, adalah adan sistem perakaran mangrove yang kompleks dan rapat, lebat dapat menangkap sisa-sisa bahan organik dan endapan yang terbawa oleh air laut dari bagian daratan proses ini menyebabkan air laut terjaga kebersihanya dan dengan demikian memelihara kehidupan padang lamun (seagrass) dan terumbu karang. karena proses ini maka ekowisata mangrove seringkali di katakan pembentuk daratan karena endapan dan tanah yang di tahanya menumbuhkan perkembangan garis pantai dari waktu ke waktu. pertumbuhan mangrove memperluas batas pantai dan memberikan kesempatan bagi tumbuhan teresterial hidup dan berkembang di wiilayah daratan. Ar pohon mangrove juga menjaga pinggiran pamtai dari bahaya erosi. buah vivipar yang dapat yang dapat berkelana terbawa air hingga menetap di dasar yang dangkal dapat berkembang dan menjadi dan menjadi kumpulan mangrove di habitat yang baru. dalam kurun waktu yang panjang habitat baru ini dapat meluas menjadi pulau tersendiri.

                             load5

                              

Beberapa manfaat dan fungsi hutan mangrove dapat di kelompokan sebagai berikut :A. manfaat / fungsi fisik :

  • Menjaga agar garis pantai tetap stabil
  • Melindungi pantai dan sungai dari bahaya erosi dan abrasi.
  • Menahan badai/angin kencang dari laut
  • Menahan hasil proses penimbunan lumpur, sehingga memungkinkan terbentuknya lahan baru.
  • Menjadi wilayah penyangga, serta berfungsi menyaring air laut menjadi air daratan yang tawar
  • 6. Mengolah limbah beracun, penghasil O2 dan penyerap CO2.


B. Manfaat / Fungsi Biologis : 

  • Menghasilkan bahan pelapukan yang menjadi sumber makanan penting bagi plankton, sehingga penting pula bagi keberlanjutan rantai makanan.
  • Tempat memijah dan berkembang biaknya ikan-ikan, kerang, kepiting dan udang.
  • Tempat berlindung, bersarang dan berkembang biak dari burung dan satwa lain.
  • Sumber plasma nutfah & sumber genetik.
  • Merupakan habitat alami bagi berbagai jenis biota.


C. Manfaat / Fungsi Ekonomis : 

  • Penghasil kayu : bakar, arang, bahan bangunan.
  • Penghasil bahan baku industri : pulp, tanin, kertas, tekstil, makanan, obat-obatan, kosmetik, dll
  • Penghasil bibit ikan, nener, kerang, kepiting, bandeng melalui pola tambak silvofishery
  • Tempat wisata, penelitian & pendidikan.

                                                          load10